Konsep Dasar Komputer

PENGENALAN KOMPUTER

Sejak tahun 1970-an, komputer telah mengubah cara kerja, cara hidup, dan kebiasaan orang-orang. Sekarang komputer telah menjadi bagian dari hidup manusia sehari-hari. Komputer digunakan dalam berbagai bidang seperti seni, bisnis, transportasi, kedokteran, perbankan, militer, kepolisian, dan pendidikan.

APAKAH KOMPUTER ITU?

Kata “komputer” berasal dari bahasa Inggris “the compute” atau dari bahasa Yunani “computare” yang mempunyai arti menghitung. Komputer merupakan sebuah peralatan elektronik yang menerima data, menyimpang dan memprosesnya sehingga menghasilkan informasi. Data adalah fakta yang masih mentah (belum diolah) yang dapat berupa kata-kata, bunyi-bunyian, angka-angka, atau gambar.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN KOMPUTER 

Keuntungan :

  • Tidak pernah lelah
  • Memiliki kecepatan dan ketelitian yang tinggi dalam mengerjakan fungsinya
  • Memiliki media penyimpanan yang ringkas dan berkapasitas besar
  • Mampu mengolah data dalam jumlah besar
  • Membuka lapangan kerja baru sebagai ahli komputer

Kerugian :

  • Manusia semakin tergantung kepada bantuan komputer
  • Berkurangnya tenaga kerja akibat pekerjanya digantikan oleh komputer
  • Komputer melakukan pekerjaan sesuai dengan pertintah manusia, bila perintah tersebut terdapat kesalahan, komputer tetap mengerjakan kesalahan tersebut

SEJARAH PERKEMBANGAN ALAT HITUNG DAN KOMPUTER

Abacus_1_(PSF)Sekitar 5000 tahun yang lalu, orang Cina menggunakan Abacus untuk membantu melakukan perhitungan. Sampai sekarangpun alat ini masih dipergunakan, bahkan replikanya dikembangkan untuk pelajaran ekstra di sekolah yang disebut dengan Mental Matematika atau Sempoa.

Kemudian mulai tahun 1610 berturut-turut dikembangkan alat hitung yang lebih modern yaitu : Napier’s Bone (1610), Pascaline (1642), Aritmometer (1820). Punch Card (1820-1833), dan Analytical Engine (1833).

EniacKomputer generasi pertama yang terkenal adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) ditemukan pada tahun 1946, komputer ini menggunakan elemen tabung hampa dalam jumlah yang besar, sehingga memerlukan daya dan ruangan sangat besar.

Komputer generasi kedua memiliki ukuran lebih kecil dengan ditemukannya transistor sebagai pengganti tabung hampa.

Komputer generasi ketiga sekitar tahun 1958 ditemukan IC (Integrated Circuit) yaitu transistor yang telah dijadikan satu.

microprocessorKomputer generasi keempat ditandai dengan ditemukannya microprocessor tahun 1971. Microprocessor adalah ribuan transistor yang dikemas dalam sebuah Chip Silicon. Sehingga komputer mempunyai ukuran yang sangat kecil seperti yang sekarang kita temui.

Pada komputer generasi kelima, komputer diarahkan pada perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yaitu membuat komputer yang cerdas yang dapat belajar seperti manusia. Gambarannya sudah ada pada film-film fiksi ilmiah, seperti mobil yang dapat berbicara dengan pengendaranya, atau robot yang dapat diperintah seperti pembantu rumah tangga.

DAFTAR PUSTAKA

TIM MGMP Komputer Surabaya. Buku Kegiatan Siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi. Surya Jaya Raya: Surabaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s